Ini bukan masalah pencemaran lingkungan, global warming, dsb.. Environtment disini maksud aku tuh lingkungan kehidupan disekitar kita,, temen2 kita,, tempat kampus kita,, dan sebagainya..

Yep, ngerasa gak ternyata kalo environtment tuh lebih besar pengaruhnya daripada minat kita (belum ada penelitiannya seh,, tapi cuman menurut pendapat aku doank =p).. Kata orang-orang kan kalo kita mau kerja dengan enjoy, maka kita harus pilih pekerjaan yang sesuai dengan minat kita..

tapi ternyata gak begitu bener juga tuh.. Buktinya aja gw neh,, minat gw jelas di komputer, dibandingin dengan fisika, kimia, matematika, biologi,, jelas gw lebih suka sama komputer/informatika donk.. Tapi buktinya gw juga gak terlalu enjoy di stts ini,, bangun pagi tuh rasanya jadi beban yang berat banget,, males banget untuk bangun (padahal seminggu hanya 2x bangun jam 8 dan satu kali bangun jam 6 aja kepala gw udah pusing berat banget waktu bangun),, bandingin dengan waktu SMA di Dempo dulu yang mana gw tiap hari harus bangun jam 6.. Belum lagi kalo misalnya gw mau pergi misa di kapel jam 6 kurang malahan.. Tapi, waktu sma dulu gw gak merasakan ada beban sama sekali tuh,, malahan setiap hari adalah hari baru yang indah dan menyenangkan.. ^^...

Terus mengapa begitu?? so far,, menurut penelitian saya (lagi =p),, yang bikin gw kerasan di dempo en ngerasa kalo setiap hari adalah hari baru yang menyenangkan adalah suasana/environtmentnya.. gimana gak nyaman, sekolah gw tamannya asri banget (dulu gak kayak gini seh,, ini direnovasi setelah gw keluar) kayak gini:

(image courtesy of romo waris) upz, ternyata di foto lagi ada bruder yo lewat..
Yep, selain situasi sekolah yang nyaman (dengan hawa yang sejuk.. malang gt ^^), guru-guru yang ramah dan menyenangkan plus lucu-lucu, dan yang terpenting temen-temen yang asik-asik... Tentu saha dengan semua faktor tadi bakal situasi/environtment sekolah gw menyenangkan dan sehingga pada akhirnya,, seperti yang saya katakan berkali-kali bakal bikin gw nyaman, betah sekolah, dan merasa setiap hari adalah hari yang menyenangkan...

Bukannya di stts situasinya emang bener-bener buruk,, tapi gak tau ya, gw kok ngerasa environtmentnya kurang menyenangkan, gak sehebat di dempo dulu... hehehe...

Terus,, gimana donk caranya bikin environtment sendiri yang menyenangkan buat kita??
Kalo kita mau sukses, tentu kita butuh environtment yang menyenangkan,, cara pertama adalah menjadi mahir dalam urusan mindset,, jadi kita mampu mengatur mindset kita bahwa setiap tempat adalah menyenangkan.. ^^

Tapi kalo ilmu kita belum setinggi itu untuk mampu men-set mindset seperti itu (termasuk gw neh yang sampe sekarang gak bisa menciptakan mindset bahwa stts itu menyenangkan =p),, maka kita harus bekerja keras, dan mampu menciptakan environtment sendiri dengan merintis usaha sendiri.. Dengan mampu memiliki usaha sendiri, maka kita akan mampu menciptakan environtment (create your own environtment) kerja yang kita inginkan sendiri kan??

Jadi, apakah ada juga yang merasa environtmentnya kurang menyenangkan?? ^^