Sukses itu...

Pernah denger gak iklan salah satu merek rokok disini yang bunyinya kayak gt, jadi bicara tentang sukses yang menurut tiap orang pasti beda-beda..

Nah, ngomongin tentang sukses neh, jadi inget waktu gw masih SMA dulu, kalo gak salah waktu itu masih kelas 1 SMA, kelas 1-3 di Dempo.. Waktu itu lagi pelajaran Conversation, pelajaran english.. Yang unik di Dempo, dulu seh murid-muridnya sekelas dibagi 2 kelas, 1 minggu sekali ikut kelas komputer, yang separuh kelas lagi ikut kelas conversation..

Nah, back to topic, waktu itu guru-nya miss Anna, kita disuruh maju ke depan untuk menceritakan tentang 'what do you want to be' ato menceritakan tentang cita-cita kita, apa yang pengen kita raih di masa depan, mau menjadi apa kita di masa depan.. Pasti sangat menarik donk buat mendengar cita-cita seorang anak SMA, udah gak kayak SD dulu yang cita-citanya pasti sangat muluk-muluk, kayak pengen jadi astronot, jadi presiden, dll. Pasti donk anak SMA cita-citanya jauh lebih realistis.. Kali ini jelas gak bakal muncul jawaban bakal mau jadi presiden (soalnya jadi presiden pasti susah, banyak banget kerjaannya) hehehe... Ato yang mau jadi Astronot (ngimpi kali ye...).. Kalo anak SMA cita-citanya pasti seputar jadi dokter, jadi businessman gt dah..

Pas tiba giliran gw, dengan sudah mempersiapkan sebelumnya, gw ngomong :
"I want to be a successful man"
Nah, berhubung jawaban gw nyentrik sendiri, (karena anak-anak yang lain jawabannya langsung mengarah ke pekerjaan gt) langsung dah gw ditanya:
"What do you mean by being a successful man?, what if being a teacher make you success"
gw jawab "Anything miss, even if it's teacher, if it can make me success, i will do it"

Nah, jadi sukses itu pasti banyak macemnya, tapi berhubung waktu itu gw masih anak kelas 1 SMA, gw belum ada bayangan sukses apa yang gw pengen... Tapi yang jelas sukses disini tentu tidak bakal jauh berbeda dengan sukses menurut kebanyakan orang..

Jadi, dari kata-kata di atas, tentunya jelas bahwa banyak jalan menuju sukses, bukan hanya dengan menjadi pengusaha terkenal aja tentunya.. Jadi programmer tentu juga bisa sukses loh.. hehehe.. Liat aja tuh, siapa yang udah 10 tahun belakangan jadi orang terkaya di dunia?? Bill gates toh.?? Seorang programmer yang jadi seorang manajer besar...